Rabu, 23 Juli 2014

Siapa yang Hobi Makan Seafood Memicu Asam Urat

Yang namanya seafood biasanya memang sedap. siapa yang sanggup menolak kalau kepadanya disodorkan udang, ikan tuna, sardin, atau ikan salmon ? hehe apalagi yang terakhir itu harganya naudzubillah mahalnya di indonesia. tapi rasanya memang mantep sih. sesuai dengan harganya.

Tapi, meskipun begitu, para pecinta seafood mesti waspada terhadap yang namanya kerang kerangnya seperti kepiting, cumi cumi, dan udang. Makanan makanan ini selain kadar kolesterolnya tinggi, dia juga memicu atau meningkatkan resiko penyakit gout atau asam urat.

Kebanyakannya, asam urat ini diderita oleh kaum adam. Kalau sudah terserang asam urat ini, persendian rasanya ngilu ketika digerakkan. Serangannya pun tiba tiba. Penyakit gout ini terjadi karena peradaan sendi, akibat produksi asam urat didalam tubuh yang berlebihan. Nah pemicu utama hal ini ialah pola makan. makanan khususnya yang berlemak, banyak sekali mengandung purin, yaitu bahan yang didalam darah nanti berubah menjadi asam urat.
seafod memicu asam urat
Skema Kaki yang terkena asam urat

Diantara makanan yang diketahui memiliki kadar purin yang tinggi ialah seafood, daging, protein hewani, seafood, serta sayur-mayur semisal bayam, jamur , dan kol, dan sebagainya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2004, tim peneliti berusaha menemukan kaitan antara daging, seafood,  dan produk susu, dengan risiko terkena asam urat. Selama 12 tahun inilah tim peneliti berusaha mengikuti riwayat kesehatan 47.150 pria yang tak memiliki riwayat gout sebelumnya dan mencatat setiap kasus baru.

Para peneliti menggunakan data kuesioner dari American College of Rheumatology untuk menemukan kriteria gout. Sebuah kuisoner disebar untuk mentelaah pola makan setiap empat tahun sekali.

Sepanjang waktu penelitian, ini  ditemukan sebanyak 730 kasus asam urat baru. selain itu ditemukan juga bahwa yang meningkatkan resiko penyakit ini ialah terlalu seringnya seseorang itu memakan daging dan seafood. Sementara itu, diet tinggi produk susu justru menurunkan risiko.

Oleh karenanya jagalah pola makan ada. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi seafood. Banyakkanlah minum air putih setiap hari untuk membantu membuang kelebihan asam urat dalam urine anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar