Rabu, 23 Juli 2014

Hindari alkohol supaya kadar asam urat normal

Sebenarnya, apa sih asam urat itu ? asam urat atau sering juga disebut gout ini, ialah nama penyakit. orang yang kena penyakit asam urat atau gout ini, akan memiliki rasa ngilu di persendian. nah, kenapa bisa ngilu ? rupanya ngilu ini karena terjadinya timbunan kristal urat atau purin. coba bayangkan, di sendi sendi kita yang biasa kita gerakkan, ada kristal mengendap disitu, gimana ngga sakit coba ?
hindari alkohol supaya kadar asam urat normal
Endapan Asam Urat di kaki

nah, kristal yang mengendap tersebut berasal dari makanan dengan kadar purin yang tinggi, misalnya

  • sayur

  • kacang-kacangan tertentu

  • jeroan

  • produk hewani yang lain

Selain makanan makanan diatas, alkohol juga mengandung purin. Dan tidak hanya itu, alkohol juga akan membuat tubuh mengeluarkan cairan yang akan meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Nah ngeri kan ? masih mau minum alkohol juga ?

Selain itu, Alkohol juga membuat enzim tertentu di liver memecah protein sehingga menghasilkan lebih banyak asam urat.

Tetapi, ada yang menyebutkan juga, kalau penyakit asam urat ini bisa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu penyakit gout primer, dan penyakit gout sekunder. Katanya, gout primer ini hampir 99 persen penyebabnya ketahuan, kemungkinan sih karena genetik atau hormonal yang membuat metabolisme tubuh terganggu. Sedangkan Penyakit gout sekunder disebabkan peningkatkan produksi asam urat karena faktor makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

jadi minum alkohol ngga papa kalau asam uratnya yg sekunder ? ya tetap aja ngga usah. ngga ada untungnya mas.

by the way, kebanyakan yang terkena penyakit gout ini ialah lelaki alias kaum pria. kok bisa begitu ? katanya, sebab perempuan memiliki hormon estrogen yang membantu mereka membuat asam urat yang berlebih itu melalui urine. nah, jadi selama perempuan itu belum menopouse, dia memiliki hormon estrogen yang membantunya membuang kadar asam urat berlebih, sehingga dosisnya terkontrol di dalam tubuh. biasanya perempuan baru terkena penyakit ini setelah menopouse.

Lalu berapa kadar asam urat yang normal untuk pria dan wanita ? nah catet ini ya :

Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5-7 mg/dl.

Pada perempuan, kadar asam urat normal ialah 2,6-6 mg/dl. Kadar asam urat di atas normal disebut hiperrurisemia.

Masih  banyak yang belum diketahui tentang penyakit ini. misalnya, Beberapa penelitian menunjukkan kaitan antara kadar asam urat yang rendah dengan konsumsi kopi. Oke, jadi kita mesti banyak banyak minum kopi ? nanti dulu .. jangan mengambil kesimpulan terlalu cepat, para peneliti masih terus melakukan kajian mengenai hal ini.

Selain itu, ada penelitian yang menyebutkan Vitamin C juga efektif untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah. Mereka yang berisiko tinggi disarankan mengonsumsi buah sumber vitamin C.

http://health.kompas.com/read/2011/05/13/08145452/Alkohol.Memicu.Asam.Urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar